PERBANDINGAN JENIS DAN JUMLAH TANGKAPAN IKAN PADA ALAT TANGKAP JARING PLAY DAN JARING PAYANG DI PELABUHAN PERIKANAN LABUHAN MARINGGAI LAMPUNG TIMUR

  • Anis Nur Laila Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Citra Puspita Ningrum Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • M. Hadziq Qulubi Fakultas Pertanian Perikanan dan Peternakan Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
Keywords: Perbandingan, Alat Tangkap, Jenis Ikan, Jumlah Ikan

Abstract

Perbandingan tangkapan ikan pada alat yang berbeda diartikan sebagai kemampuan alat tangkap untuk mendapatkan sasaran penangkapan ikan tertentu menurut jenis dan ukuran selama proses penangkapan berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbandingan jenis tangkapan ikan pada alat tangkap jaring Play/Gillnet dan jaring Payang di Pelabuhan Perikanan Labuhan Maringgain Lampung Timur, serta untuk menganalisis perbandingan jumlah tangkapan ikan pada alat tangkap jaring Play/Gillnet dan Jaring Payang di Pelabuhan Perikanan Labuhan Maringgai Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk menganalisis data yaitu dengan statsistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa jenis tangkapan ikan paling banyak di peroleh alat tangkap jaring Play/Gillnet yaitu sebanyak 19 jenis ikan, sedangkan jaring Payang hanya mendapatkan 10 jenis ikan. Untuk jumlah tangkapan ikan paling banyak di peroleh alat tangkap jaring Play/Gillnet yaitu sebanyak 30.061 Kg, sedangkan jaring Payang hanya sebanyak 23,552 Kg.

References

Agusta, Fredy. 2022. Wawacara Tenatang Alat Tangkap Yang Banyak Digunakan Nelayan Di Pelbuhan Perikanan Labuhan Maringgai.
Andi. 2023. Wawancara Musim Penangkapan Ikan Yang Ada Di Pelabuhan Perikanan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.
Anon. 2023. Perikanan tangkap. Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.
Anto. 2023. Wawancara Bagian-Bagian Alat Tangkap Jaring Play/Gillnet Dengan Nelayan Di Pelabuhan Perikanan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.
Arifin, Miftahol. 2020. Pola Musim Ikan Teri (Stolephorussp) & Upaya Penangkapan Payang Di Kecamatan Pasongsongan Sumenep, Madura. 2020 4:Hal 159-168.
Engge, Edwin Samuel Johan, dan Ismawan Tallo. 2022. Tingkat Pendapatan Nelayan Tradisional Pancing Ulur Di PPI OEBA, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.
Firdaus, Ihtisyamul, Aristi Dian Purnama Fitri, Sardiyatmo Sardiyatmo, dan Faik Kurohman. 2017. Analisis Alat Penangkap Ikan Berbasis Code Of Conduct For Responsible Fisheries (CCRF) Di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tawang, Kendal. Indonesian Journal of Fisheries Science and Technology 13(1):65. doi: 10.14710/ijfst.13.1.65-74.
Kasim, Kamaluddin, dan Setiya Triharyuni. 2014. Status Pemanfaatan Dan Musim Penangkapan Iikan Tenggiri (Scomberomorus spp.) Di Laut Jawa. Desember 4, 235–42.
Muntalim, dan Mohammad Syafuani Choiruddin. 2016. Pengaruh Kebijakan Penggunaan Alat Tangkap Pukat Tarik (Seine Nets) Terhadap Pendapatan Nelayan Di Kabupaten Lamongan. Grouper Jurnal Ilmia Fakultas Perikanan.
Rahmawati, Meliza, dan Aristi Dian Purnama Fitri. 2013. Analisis Hasil Tangkapan Per Upaya Penangkapan Dan Pola Musim Penangkapan Ikan Teri (Stolephorus Spp.) Di Perairan Pemalang. 2.
Safitri, Ikha, dan Kristina Adelita. 2018. Perikanan Tangkap Gillnet di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat Kalimantan Barat.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukar. 2023. Wawancara Bagian-Bagian Alat Tangkap Jaring Payang Dengan Nelayan Di Plebuhan Perikanan Labuhan Maringgai, Lampung Timur.
Tambunan, Ayu Nita Ervina. 2021. Selektivitas Alat Tangkap Jaring Insang Hanyut (Drift Gillnet) Di Perairan Pelabuhan Perikanan Nusantara Sungailiat Provinsi Bangka Belitung.
Tambunsaribu, Jasi Rani. 2015. Analisis Teknis Dan Finansial Usaha Perikanan Tangkap Payang Di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Wonokerto Kabupaten Pekalongan. 4.
Tangke, Umar. 2012. Hasil Tangkapan Ikan Tenggiri (Scomberamorus spp). 5.
Wujdi, Arief, dan Suwarso dan. 2014. Hasil Tangkapan Dan Daerah Tangkapan Jaring Insang Di Laut Cina Selatan. 2014 16–24.
Published
2023-08-07
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.