PENGARUH KONSENTRASI LARUTAN MADU DALAM NaCl FISIOLOGIS TERHADAP MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA IKAN KOI (Cyprinus carpio L.)

  • Nurfitrih Nurfitrih Universitas Tadulako Palu
  • Jusri Nilawati Universitas Tadulako
  • Musayyadah Tis'in Universitas Tadulako
Keywords: motilitas, viabilitas, madu, NaCl fisiologis, ikan koi Cyprinus carpio L

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian madu dalam NaCl fisiologis sebagai bahan pengencer terhadap motilitas dan viabilitas spermatozoa ikan koi (Cyprinus carpio L.). Penambahan madu dalam NaCl fisiologis sebagai pengencer diharapkan mampu mempertahankan motilitas dan viabilitas selama penyimpanan spermatozoa ikan koi (Cyprinus carpio L.). Desain penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perbedaan dari pengencer madu dalam NaCl fisiologis antara lain Perlakuan A (0%), B (0,8%), C (0,6%), D (0,4%), dan E (0,2%). Perlakuan disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu 4°C dan selanjutnya diamati dengan interval waktu 6 jam sekali sampai spermatozoa semua mati. Data dianalisis secara deskriptif dan  uji analysis of variance (ANOVA) pada Minitab versi 16. Hasil yang diperoleh menunjukan pemberian madu dalam NaCl fisiologis tidak berpengaruh terhadap motilitas dan viabilitas sperma ikan mas koi (Cyprinus carpio L.). Perlakuan dengan 0,6% madu menghasilkan motilitas dan viabilitas tertinggi.

References

Arfah, H., Hasan, F. dan Setiawati, M., 2015. Pemberian Berbagai Jenis Madu dengan Rasio Pengenceran Berbeda Terhadap Kualitas Sperma Pangasianodon hypopthalmus. Jurnal Akuakultur Indonesia. Vol. 14(2).

Arifiantini, R.I. Wresdiyati, T. dan Retnani. E.F., 2006. Kaji Banding Morfometri Spermatozoa Sapi Bali (Bos sondaicus) Menggunakan Pewarnaan Williams, Eosin, Eosin Nigrosin dan Formol-saline. J. Sain vet. Vol. 24(1).

Barozha, D. L., 2015. The Effect of Honey Motility and Viability Catfish (Pangasius pangasius) Spermatozoa. J. Majority. Vol. 4(3).

Condro, H. S., Mubarak, A. S. dan Sulmartiwi, L., 2012. Pengaruh Penambahan Madu pada Media Pengencer NaCl Fisiologis dalam Proses Penyimpanan Sperma Terhadap Kualitas Sperma Ikan Komet (Carassius auratus auratus). Journal of Marine and Coastal Science. Vol 1(1).

Diana, F., Rizal, M. dan Mariani, D., 2015. Pengaruh Penggunaan Konsentrasi Air Kelapa Muda pada Pengencer NaCl Fisiologi Terhadap Motilitas dan Mortalitas Spermatozoa Ikan Tawes (Puntius javanicus). Jurnal Perikanan Tropis. Vol. 2(2).

Faizal, M., 2016. Pengaruh Penggunaan Kuning Telur Angsa (Cignus olor) dan Air Kelapa Muda (Cocos nucifera) Terhadap Kualitas Sperma Kambing Boer dengan Waktu Equilibrasi yang Berbeda. Skripsi. Jurusa Biologi, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Faqih, A. R. 2011. Penurunan Motilitas dan Daya Fertilitas Sperma Ikan Lele Dumbo (Clarias spp.) Pasca Perlakuan Stress Kejutan Listrik. J. Exp. Life Sci. Vol. 1(2).

Hidayaturrahmah, 2007. Waktu Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa Ikan Mas (Cyprinus carpio L) pada Beberapa Konsentrasi Larutan Fruktosa. Boiscientiae. Vol. 4(1).

Jayamurti, K., 2014. Analisis Efisiensi Faktor yang Mempengaruhi Produksi Ikan Koi Di Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Skripsi. Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Julianuari, F., 2014. Pengaruh Penambahan Madu dengan Dosis Berbeda Terhadap Motilitas Spermatozoa dan Daya Tetas Telur Ikan Mas (Cyprinus carpio) pada Proses Reservasi. Jurnal Publikasi. Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kartini, N., 2012. Kajian Aspek Reproduksi Ikan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) Jantan yang Dipelihara pada Kondisi Lingkungan Berbeda. Skripsi. Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Kurniawan, I. Y., Basuki, F. dan Susilowati, T., 2013. Penambahan Air Kelapa dan Gliserol pada Penyimpanan Sperma Terhadap Motilitas dan Fertilitas Spermatozoa Ikan Mas (Cyprinus carpio L.). Journal of Aquacultur Mnagement and Technology. Vol. 2(1).

Kusrini, E., Cindelaras, S. dan Prasetio, B., 2015. Pengembangan Budidaya Ikan Hias Koi (Cyprinus carpio) Lokal di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Ikan Hias Depok. Media Akuakultur. Vol 10(2).

Nainggolan, R., Monijung, R. D., dan Mingkid, W., 2015. Penambahan Madu dalam Pengencer Sperma untuk Motilitas Spermatozoa, Fertilisasi dan Daya Tetas Telur Ikan Nila (Orecromis niloticus). Jurnal Budidaya Perairan. Vol. 3(1).

Novianto, B. R., Sudarno dan Masithah, E. D., 2014. Pengaruh Perbedaan Konsentrasi Gliserol dalam Susu Skim Kuning Telur untuk Proses Penyimpanan Sperma Beku Terhadap Motilitas dan Viabilitas Spermatozoa Ikan Patin (Pangasius pangasius).

Rahardhianto, A., Abdulgani, N. dan Trisyani, N., 2012. Pengaruh Konsentrasi Larutan Madu dalam NaCl Fisiologis Terhadap Viabilitas dan Motilitas Spermatozoa Ikan Patin (Pangasius pangasius) Selama Masa Penyimpanan. Jurnal Sains dan Seni ITS. Vol. 1(1).

Sawitri, D. A. L., 2019. Efektifitas Cacahan Batang Pisang Ambon (Musa paradisiaca) untuk Mencegah Infeksi Aeromonas hydrophila pada Ikan Koi Cyprinus carpio. Skripsi. Departemen Budidaya Perairan Fakultas Perikanan daan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Sulmartiwi, L., Ainurrohmah, E. dan Mubarak, S., 2011. Pengaruh Konsentrasi Air Kelapa Muda dan Madu dalam NaCl Fisiologi Terhadap Motilitas dan Lama Hidup Spermatozoa Ikan Patin (Pangasius pangasius). Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan. Vol. 3(1).

Tumanung, S., Sinjal, H. J., dan Watung, J. C., 2015. Penambahan Madu dalam Pengencer Sperma untuk Meningkatkan Motilitas, Fertilisasi dan Daya Tetas Telur Ikan Mas (Cyprinus carpio L.) Vol. 3(1).

Published
2023-02-28
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.