TEKNOLOGI PENANGKAPAN IKAN DEMERSAL DAN ASPEK EKONOMIS HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KELURAHAN GANTI KECAMATAN BANAWA KABUPATEN DONGGALA, SULAWESI TENGAH

  • Umar Alatas Universitas Alkhairaat
  • Ahsan Mardjudo Universitas Alkhairaat
  • Taufik Ihsan Universitas Alkhairaat
  • Andika Ekaputra Universitas Alkhairaat
Keywords: Identifikasi, Pola Pemasaran, Ikan Demersal, Kabupaten Donggala.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknologi penangkapan ikan demersal dan aspek ekonomi hasil tangkapan nelayan skala kecil di Kelurahan Ganti Kecamatan Banawa Kabupaten Donggala. Nelayan skala kecil yang dimaksud dalam studi ini adalah nelayan yang mempunyai ukuran perahu 60 cm x 13 meter dengan alat tangkap tradisional seperti pancing, gillnet dasar dan bubu (perangkap). Teknik pengumpulan data dalam studi ini adalah teknik wawancara, percobaan alat tangkap, dan identifikasi jenis-jenis hasil tangkap. Data dianalisi dengan metode desktiptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil studi menunjukkan bahwa teknologi penagkapan ikan dermersal di lokasi studi terdiri dari pancing ulur, gillnet dasar dan bubu (perangkap). Jenis-jenis ikan demersal hasil tangkapan nelayan meliputi ikan Etong (Abalistes stellaris), ikan Kuwe (Carangidae), ikan Baronang (Siganus sp), ikan Bijinangka (Goatfish /Mullidae), Lencam (Lethrinidae), ikan Kerapu sunu (Plectropomus leopardus), ikan Takobibi (Haemulidae), ikan Kakatua (Parrotfish), Ikan pakol (Acanthuridae), dan ikan Kompele Liris (Plectorhinchus lineatus). Adapun pola pemasaran adalah dari produsen (nelayan) ke konsumen dan produsen ke pedagang pengepul serta konsumen. Secara ekonomi, ikan demersal hasil tangkapan nelayan di wilayah tersebut bila dikelola dengan baik dan bijak dapat menigkatkan pendapatan rumahtangga nelayan yang ada di daerah itu.

References

Allen, G.R. 1996. Marine Fishes of Tropical Australia and South-East Asia. Western Australian Museum, Australia.

Aoyama, T. 1973. The Demersal Fish Stock and Fisheries of The South China Sea. IPCF/SCC/Dev/73/3, 80. Rome.

Brand, A. Von. 1968. Development of Fishing Tecniques Proceding of The International Seminar Possibilitites and Problem of Fishing Development in South East Asia.

Brand, A. Von. 1984. Fishing Catching Methods of The Word. Fishing News Books Ltd Farnham, Surrey Englad.

Broer, M. Aziz K.A. Widodo J. Djamali A. Ghofar A. Kurnia R. 2001. Potensi, Pemanfaatan dan Peluang Pengembangan Sumberdaya Ikan Laut di Perairan Indonesia. Direktorat Riset dan Eksplorasi Sumberdaya hayati, Direktorat Jenderal Penyerasian Riset dan Eksplorasi Laut, Departemen Kelautan dan Perikanan bekerjasama - Komisi Pengkajian Sumberdaya Perikanan laut-Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Lautan IPB. Bogor. 44 pp.

Huspa, I., & Siregar, K. (2018). Development Of Aquatic Responsible Fishing Technology In Labuhanbatu Regency , North Sumatra Province. Jurnal Perikanan Dan Kelautan, 23(1), 57–68.

Mardjudo, A., & Ihsan, T. (2022). Handles Fishery Business in the Molowagu Village , Batudaka District Tojo Una-Una Regency , Central Sulawesi. Jurnal TROFISH, 1(1), 1–9.

Nontji, A. 1993. Laut Nusantara. Penerbit Djambatan. Cetakan kedua. Jakarta.

Subani W & HR Barus. 1989. Alat Penangkapan Ikan dan Udang Laut Di Inonesia, Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. Departemen Pertanian. Jakarta.

Subani, W. 1973. Penelitian Umpan Ikan Cakalng di Laut Banda dan Maluku. Lembaga Penelitian Perikanan Laut Jakarta.

Sudirman dan Malawa, 2000. Teknik Penangkapan Ikan. Penerbit Rineka Cipta Jakarta.

Tenriware. 2005. Hubungan antara mesh size bagian bunuhan (crib) dengan selektivitas alat tangkap sero di perairan pantai Pitumpanua Teluk Bone. [tesis]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

Tangke, Umar, 2011. Analisis Kelayakan Usaha Perikanan Tangkap Menggunakan Alat Tangkap Gillnet dan Purse Seine Di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku. Jurnal Ilmiah agribisnis dan Perikanan (agrikan UMMU-Ternate) Volume 4 Edisi 1 : 01-13

Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.

Published
2022-08-30
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.