ANALISIS HASIL PRODUKSI BUDIDAYA IKAN NILA DI KECAMATAN PALOLO KABUPATEN SIGI

  • Hartina Hartina Universitas Alkhairaat
  • Ambo Abd Kadir Pakanyamong Universitas Tompotika Luwuk Banggai
  • Halimah Tussadia Universitas Muhammadiyah Mamuju
Keywords: analisis produksi, ikan nila, budidaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis produksi budidaya ikan nila dan faktor yang mempengaruhinya di Kecamatan Palolo. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fungsi produksi Cobb-Douglass. Responden dalam penelitian ini adalah 50 pembudidaya yang berada di Kecamatan Palolo Kabupaten Sigi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata produktivitas budidaya ikan nila dipengaruhi secara signifikan oleh benih ikan dan pemberian pakan dilihat dari pengujian menggunakan uji f dan uji t. Benih ikan nila dikatan signifikan karena hasil t hitung 132,466 > t tabel 2,00. Pemberan Pakan dinyatakan signifikan karena t hitung 9,300 > t tabel 2,00. Sedangkan penggunaan pupuk tidak signifikan terhadap produksi ikan nila karena hasil t hitung -7,157 < t 2,00.

References

Amalia R, Amrullah dan Suriati. 2018. Manajemen Pemberian Pakan Pada Pembesaran Ikan Nila (Oreocromis niloticus). Prosiding Seminar Nasional. Vol 1.

Dewi K D dan Mulyo H J. 2015. Analisis Produksi Budidaya Ikan lele (Clarias gariepenus) Pendekatan Fungsi Cobb Douglass. Jurnal Perikanan (J. Fish Sci.). Vol XVII(2): 54-60.

Elisabet. 2018. Pengaruh Waktu Pemberian Pakan terhadap Pertumbuhan dan Kelulushidupan Ikan Nila Merah (Oreocromis niloticus) dengan Sistem Resirkulasi. Jurnal. Fakultas Perikanan dan Kelautan. Universitas Riau.

Fajriati A, Rahayu S.E dan Qonita A. 2018. AnalisisEfisiensi Produksi Ikan Nila Merah di Kabupaten Klaten. Progaram Studi Agribisnis, fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Vol 2(1).

KKP.2018. Potensi Usaha dan Peluang investasi Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah.

Lasena, A, Nasriani dan Irdja, M., A. 2019.Pengaruh dosis Pakan yang dicampurkan Probiotik Terhadap Pertumbuhan dan Kelangsungan Hidup Benih Ikan Nila (Oreocromis niloticus). Program Studi Budidaya Perairan. Universitas Muhamadiyah Gorontalo.

Nugroho E, Saepudin dan Bajar M. 2012. Kajian Lapang penggunaan Benih Ikan Nila (O. niloticus) Hasil Pemuliaan di Karamba Jaring Apung Jatiluhur. J. Ris Akuakultur. Vol 8(1): 43-49.

Pilumami Y. 2016. Faktor-faktor yang Mempungaruhi Usaha Pembenihan Ikan Nila di Kecamatan genteng Kabupaten banyuwangi. Tesis. Universitas Jember.

Sambuaga, V., O, Rarung, K., L, Durand, S., S. 2017. Analisis Finansial Usaha Budidaya Ikan Nila (Oreocromis niloticus) di Karamba Jaring Tancap di Desa Sinuian Kecamatan Remboken. Manado. Vol 5 (9).

Published
2023-02-28
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.