LABEL STANDAR NASIONAL INDONESIA (SNI) PERSPEKTIF MASLAHAT
DOI:
https://doi.org/10.31970/almashadir.v4i2.116Keywords:
Label SNI, keputusan pembelian, maslahatAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat aspek kemaslahatan dari analisis label SNI terhadap keputusan pembelian produk. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Hasil pengujian yaitu 1) label SNI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikan 0,00 < 0,05, nilai thitung 5,916 > 1,991 nilai ttabel, nilai R 0,557/55,7%, nilai R Square 0,310/31,0%, hasil persamaan regresi linear yaitu Y=15,327+0,876X yakni nilai konstanta sebesar 15,327 dan nilai koefisien variabel X 0,876; 2) hasil tersebut menjelaskan bahwa konsumen (mahasiswa) memahami bahwa mencari kemaslahatan dengan melihat label SNI dari setiap produk sangatlah penting dalam rangka menjaga dirinya, orang lain dan lingkungan.