Pengembangan Strategi PAIKEM dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i2.96Keywords:
Strategi, PAIKEM, PembelajaranAbstract
Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia serta kurangnya respon siswa ketika pembelajaran berlangsung. Penelitian yang dilakukan di kelas V SDN Sukajaya Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmlaya ini bertujuan untuk menguji ke efektifan strategi pembelajaran PAIKEM terhadap hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan tindakan kelas. Strategi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru khususnya pada tingkat Sekolah dasar yaitu dengan menggunakan metode ceramah, metode ceramah ini pembelajarannya hanya gruru saja yang menyampaikan materi tanpa ada timbal balik dari peserta didiknya. Akibatnya peserta didik akan merasa bosan dan pembelajaran menjadi tergantung kepada guru dan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran. Perlu adanya pengembangan strategi pembelajaran yaitu untuk mengembangkan strategi yang lebih baik dari sebelumnya untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Strategi yang dikembangkan yaitu PAIKEM yakni Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan.