MENGINDENTIFIKASI NILAI-NILAI KEHIDUPAN CERITA KEMICAU BURUNG-BURUNG SEMESTA PADA KUMPULAN CERPEN BATU-BATU SETAN KARYA M.FUDOLI ZAINI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Authors

  • Al-afandi Al-afandi Universitas Alkhairaat

DOI:

https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.72

Keywords:

Cerpen, Nilai-nilai Kehidupan, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai kehidupan pada cerita kemicau burung-burung semesta dalam kumpulan cepen batu-batu setan karya M.Fudoli Zaini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode simak, catat dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga aspek nilai kehidupan yang dideskripsikan sebagai brikut: (a) nilai pendidikan sosial pada tokoh ayah dan dua orang tukang sampan, (b) nilai moral tokoh ayah yang bertanggungjawab dan nilai moral yang diemban seorang anak memiliki watak penurut kepada orang tua, dan (c) nilai pendidikan relijius diemban pada tokoh ayah sebagai seorang kiai, dan (d) relevansi hasil analisis dalam pembelajaran bahasa Indonesia ditemukan dalam silabus pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMA, Kurikulum 2013, kelas XI semester ganjil/I dalam kompetensi dasar “Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita pendek yang dibaca” dengan Indikator Pencapaian Kompetensi “Memahami informasi tentang nilai-nilai kehidupan dalam teks cerita pendek” dan, “Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam cerita pendek”

Downloads

Published

2021-11-19

Issue

Section

Articles