PENERAPAN PENDEKATAN CONCRETE PICTORIAL ABSTRACT (CPA) BERBANTUAN MEDIA JARKUBA APK TERHADAP KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS V SD 3 MAYAHAN

Authors

  • ifana falentina imelda Universitas Muria Kudus
  • Henry Suryo Bintoro Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i2.69

Keywords:

Koneksi Matematis Siswa, Pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA), Media Jarkuba Apk, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih rendahnya koneksi matematis siswa kelas V sd 3 Mayahan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan koneksi matematis siswa menggunakan pendekatan Concrete Pictorial Abstract (CPA) dengan bantuan media Jarkuba Apk. Metode penelitian yang dilakukan yaitu penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain Pra-Experiment One-Group Pretest-Posttest pada mata pelajaran matematika pokok bahasan jaring-jaring bangun ruang sederhana terhadap 27 siswa kelas V Sekolah Dasar 3 Mayahan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan non tes. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: adanya peningkatan koneksi matematis siswa sesudah mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan CPA berbantuan media Jarkuba Apk lebih baik daripada siswa sebelum mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan CPA.

Downloads

Published

2021-11-19

Issue

Section

Articles