MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS)

Authors

  • Ahmadi Ahmadi SMP Negeri 1 Sigi

DOI:

https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.64

Keywords:

Pembelajaran IPA, Pendekatan JAS, Hasil belajar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPA yang dilakukan di SMP Negeri 1 Sigi menunjukkan bahwa hasil belajar dan keaktifan siswa masih tergolong rendah, dan ketuntasan belajar secara klasikal masih dibawah 75%. Pembelajaran belum menumbuhkan karakter ilmiah siswa secara nyata. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran IPA dengan pendekatan jelajah alam sekiter (JAS) terhadap hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya di  SMP  Negeri  1  Sigi. Desain  penelitian  ini  adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus.  Teknik  sampling  yang  digunakan  adalah  purposive sampling.  Hasil  analisis  data  menunjukkan  bahwa  hasil  belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Ketuntasan belajar klasikal kelas VII-A sebagai kelas eksperimen sebesar 86,14% sedangkan kelas VII-C sebagai kelas kontrol 70,40%. Ketuntasan belajar perorangan pada kelas eksperimen mencapai 92,86%, sedangkan kelas kontrol sebesar 33,33%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA berpendekatan JAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles