MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFRAGMEN SISWA SMA NEGERI 2 DOLO MELALUI STRATEGI MODELING

Authors

  • Al-afandi Al-afandi Universitas Alkhairaat

DOI:

https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.60

Keywords:

Kemampuan, Berfragmen, Strategi, Modeling

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana upaya meningkatkan kemampuan berfragmen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Dolo melalui strategi modeling. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfragmen siswa melalui strategi modeling pada Mata Pelajaran Bahasa Inodonesia di kelas XI SMA Negeri 2 Dolo dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 5,04 dan tingkat kreatifitas kemampuan siswa memperoleht skor 6 sebanyak 5 orang, kemudian skor 5 diperoleh sebanyak 13 orang dan skor 4 sebanyak 4 orang. Pada siklus ke II nilai siswa mengalami peningkatan dengan porolehan persentasi kolektif rata-rata 7,63 dengan tingkat kreatifitas skor 8 diporoleh 14 siswa dan skor 7 diperoleh 8 orang siswa. Oleh karena itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan strategi modeling, untuk meningkatkan kemampuan berfragmen siswa XI SMA Negeri 2 Dolo dalam kategori berhasil.

Downloads

Published

2021-04-22

Issue

Section

Articles