NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG PADA BUKU SISWA TEMA 2 KELAS 3 UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Nandya Ayu Yekti Universitas Muria Kudus
  • Ika Oktavianti Universitas Muria Kudus
  • Muhammad Noor Ahsin Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.59

Keywords:

Pendidikan Karakter, Dongeng, Buku Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter pendidikandalam dongeng pada buku siswa tema 2 kelas 3. Penelitian ini merupakan penelitiandengan metode deskriptif kualitatif jenis study pustaka. Metode pengumpulan data menggunakan tenik pustaka yaitu baca, catat dan dokumentasi (foto). Objek yang akan diteliti adalah buku atau teks dongeng. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalahanalisis data interatif meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan antara lain: nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam 10 dongeng pada buku siswa tema 2 kelas3 sebanyak 29 nilai pendidikan karakter antara lain yaitu jujur, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab

Downloads

Published

2021-04-22

Issue

Section

Articles