Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Knisley Berbantuan Media Jing-jing Bar

Authors

  • Lilik Indah Sari Universitas Muria Kudus
  • Henri Suryo Bintoro Universitas Muria Kudus
  • Jayanti Putri Purwaningrum Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i2.49

Keywords:

Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Knisley, Media Jing-jing Bar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, melalui model pembelajaran Knisley berbantuan media jing-jing bar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas V SDN 01 Bakalan Krapyak Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kudus semester II tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan pemecahan masalah matematis melalui Model Pembelajaran Knisley berbantuan media jing-jing bar mengalami peningkatan sebesar 50,13 dari kondisi awal 31,67 menjadi 81,8 pada kondisi akhir.

Downloads

Published

2020-11-01

Issue

Section

Articles