ANALISIS BERPIKIR KRITIS DALAM PEMECAHAN MASALAH GEOMETRI PADA SISWA VISUAL SPASIAL DITINJAU DARI JENIS KELAMIN
DOI:
https://doi.org/10.31970/gurutua.v7i2.211Keywords:
Berfikir Kritis, Geometri, Jenis Kelamin, Visual SpasialAbstract
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan analisis berpikir kritis siswa laki laki dan perempuan dengan kecerdasan visual spasial dalam memecahkan masalah geometri. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa kelas VIII yang terdiri dari 1 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki yang memiliki kecerdasan visual spasial. Hasil penelitian Analisis berfikir kritis Siswa Visual Spasial Perempuan Pada kategori klarifikasi (clarification), inferensi (inference), strategi (strategies), klarifikasi (clarification), penilaian (assesment) mampu memecahan masalah melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah Polya dengan kategori cukup sedangkan Siswa Visual Spasial Laki-laki mampu memecahkan masalah melaksanakan semua tahapan pemecahan masalah Polya dengan baik.