STRATEGI GURU DALAM MENGHADAPI PERBEDAAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS VI A UPTD SDN KAMAL 2
DOI:
https://doi.org/10.31970/gurutua.v7i2.205Keywords:
Gaya Belajar, Guru, StrategiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menghadapi perbedaan gaya belajar siswa kelas VI A UPTD SDN Kamal 2. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah orang sebagai narasumber yaitu guru kelas VI A UPTD SDN Kamal 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa siswa memiliki gaya belajar yang beragam, yaitu visual, auditori, dan kinestetik yang diidentifikasi melalui pengamatan kebiasaan siswa di kelas, komunikasi dengan wali kelas sebelumnya, dan serta penggunaan metode tanya jawab secara lisan dan angket. Melalui pendekatan tersebut, memungkinkan guru untuk lebih memahami preferensi belajar siswa yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang efektif. Strategi yang diterapkan oleh guru dalam menghadapi perbedaan gaya belajar meliputi penggunaan video pembelajaran, penciptaan materi berbasis lagu, dan pembuatan suatu karya atau proyek yang menumbuhkan kreatifitas siswa. Strategi ini efektif dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa yang beragam dan meningkatkan keterlibatan dan pemahaman mereka terhadap materi.