ANALISIS FAKTOR PERBEDAAN MINAT BACA SISWA PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI KELAS 3 UPTD SDN KAMAL 2
DOI:
https://doi.org/10.31970/gurutua.v7i2.203Keywords:
Minat baca, Perbedaan genderAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan minat baca antara siswa perempuan dan laki-laki kelas 3 UPTD SDN Kamal 2. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini melibatkan 24 siswa sebagai partisipan, terdiri dari 12 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa perempuan lebih terarah pada bacaan fiksi dan durasi membaca yang lebih penjang dan keterlibatan yang lebih tinggi dalam kegiatan sosial. Sebaliknya, siswa laki-laki lebih cederung tertarik pada bacaan non-fiksi dengan durasi membaca yang lebih pendek dan minat yang dipengaruhi oleh motivasu eksternal. faktor lingkungan sosial, seperti peran guru dan keluarga, juga berkontribusi dalam membantuk minat baca siswa. penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi peningkatan minat baca harus disesuaikan dengan kerakteristik gender dan didukung oleh peran aktif guru dan keluarga.