Efektivitas Pelaksanaan Program Pembelajaran Qira’atul Kutub Dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Kitab Kuning Di Pesantren Alkhairaat Putra Pusat Palu
DOI:
https://doi.org/10.31970/gurutua.v6i2.170Keywords:
Alkhairaat, Qira’atul Kutub, Kitab Kuning.Abstract
Qira’atul Kutub merupakan salah satu kemahiran dari beberapa kemahiran yang ada dalam pembelajaran Bahasa Arab yaitu kemahiran menulis, kemahiran menyimak, kemahiran berdialog dan menulis. Dalam pembelajaran qira’atul kutub peserta didik diharuskan menguasai ilmu alat yang terhimpun dalam qawaid sebagai alat bantu untuk memahami kitab kuning. Adapun kitab kuning sendiri merupakan kitab yang dicetak dengan kertas kekuning-kuningan dan hamper keseluruhan hurufnya tidak menyertakan harakat/syakal, sehingga kitab kuning kerab kali disebut pula dengan kitab gundul. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif fenomenologis. Adapun hasil penelitian menjelaskan bahwa pesantren Alkhairaat merupakan Lembaga Pendidikan yang berkarakter tradisionalis-modernis dan secara operasionalisasi kurikulumnya bersifat integrative-kolaboratif dengan mengintegrasikan dan mengkolaborasikan kurikulum Yayasan, kurikulum Kemenag dan kurikulum Kemendikbud. Dalam pembelajaran Qira’atul kutub ditempuh dengan beberapa tahap; 1) tahap persiapan, 2) tahap pengembangan dan pelatihan, 3 tahap penerapan. Ditinjau dari sisi efektivitasnya, program ini berjalan dengan baik dan mampu menghasilkan peserta didik yang cakap dalam memahami kitab kuning. Akan tetapi karena tingkat kerumitannya yang begitu tinggi, peminat program Qira’atul kutub sangat sedikit dan kurang dilirik. Sebagian peserta didik yang mengikuti program ini adalah mereka yang memang berniat untuk melanjutkan studi ke Timur Tengah.