STRATEGI PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA MELALUI PENERAPAN METODE DRILL
DOI:
https://doi.org/10.31970/gurutua.v6i2.168Keywords:
Apresiasi Drama, Metode Drill, Strategi PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Pembelajaran Apresiasi Drama Melalui Penerapan Metode Drill. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan (library research) dengan telaah kritis berupa gagasan konseptual. Data yang digunakan bersumber dari buku-buku atau naskah kepustakaan serta diperoleh dari pengalaman penulis dan hasil telaah pakar kemudian didukung dari buku-buku kepustakaan yang relevan dengan topik pembahasan. Langkah-langkah dalam pengkajian literatur yakni, mengumpulkan data-data sekunder yang relevan berupa dokumentasi dan mengkaji buku-buku teks yang ditemukan terkait dengan strategi pembelajaran apresiasi drama melalui penerapan metode drill. Hasil yang diperoleh dapat disimpulkan, bahwa seorang guru bahasa Indonesia harus memperoleh pengetahuan sehingga diharapkan, (1) mampu memahami dan menerapkan metode yang bervariatif dan menyenagkan bagi siswa khususnya melalui pendekatan latihan peran, (2) dengan proses latihan terpola guru dapat membawa siswa menuju pentas sehingga siswa mencintai pembelajaran bahasa dan sastra indonesia khususnya apresiasi drama, (3) metode drill memberikan inovasi baru yang menyajikan pembelajaran menyenangkan dan menghindari kebosanan siswa, (4) apresiasi drama dapat meningkatkan fungsi kemampuan membaca, berbicara dan mengasa karakter siswa dalam memahami hidup dan menata kedisiplinan diri.