TELAAH INQURY LEARNING DAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN ETHNOMATHEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.31970/gurutua.v6i2.166Keywords:
Inqury learning. Problem based learning, Ethnomatematika, pemecahan masalahAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki model Inqury learning— Problem based learning dengan pendekatan etnomatematika untuk melihat bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Model ini digunakan sebagai bahan inovasi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode SLR. Data dikumpulkan dengan meninjau setiap artikel yang berkaitan dengan penelitian dari 2013 hingga 2022. Artikel dalam penelitian ini berasal dari 27 jurnal nasional dan internasional terakreditasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan literatur yang telah dianalisis, langkah-langkah model Inqury learning-PBL pendekatan etnomatematika telah dibuat untuk digunakan dalam pemecahan masalah matematis dan adanya hubungan antara Inqury learning -PBL terhadap pendekatan etnomatematika dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil dan diskusi tersebut, model Inqury learning -PBL pendekatan etnomatematika dapat menjadi solusi inovatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian berikutnya yang menarik untuk dikembangkan adalah bagaimana proses pengembangan bahan ajar dengan pendekatan etnomatematika menggunakan model Inqury learning- PBL guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.