PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIA MTs. ALKHAIRAAT KALUKUBULA PADA MATERI MENENTUKAN KELILING DAN LUAS PERSEGI PANJANG

  • Windra Abd. Thalib Universitas Alkhairaat
Keywords: Pembelajaran Saintifik, Hasil Belajar, Keliling Persegi Panjang, Luas Persegi Panjang

Abstract

Penelitian ini membahas tentang meningkatkan hasil belajar Siswa kelas VIIA MTs Alkhairaat Kalukubula pada materi Menentukan Keliling dan Luas Persegi Panjang. Masalah utama pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap materi menentukan keliling dan luas persegi panjang di kelas VIIA MTs Alkhairaat Kalukubula. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa tersebut, yaitu kurangnya perhatian siswa  dalam kelas sehingga siswa banyak mendapat nilai yang rendah, oleh karena itu peneliti berinisiatif untuk menerapkan pendekatan pembelajaran saintifik dalam materi menentukan keliling dan luas persegi panjang. Model pembelajaran ini terdiri dari lima fase, yaitu (1) mengamati (observing), (2) menanya (questioning), (3) menalar (associating), (4) mencoba (experimenting), (5) membentuk jejaring (networking). Rumusan masalah pada peneliti ini, yaitu “Bagaimana Penerapan Pendekatan Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIA Pada Materi Menentukan Keliling Dan Luas Persegi Panjang.” Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian menggunakan Model Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat komponen, yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan, 4) refleksi. Data yang dikumpulkan pada peneliti ini melalui lembar observasi, wawancara, dan data hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelas VIIA MTs Alkhairaat Kalukubula diketahui bahwa penerapan model pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan keliling dan luas persegi panjang di kelas VIIA MTs Alkhairaat Kalukubula. Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan ketuntasan belajar klasikal siswa pada tes akhir tindakan siklus I adalah 82,14%  dan pada tes akhir tindakan siklus II sebesar 89,28%.

Published
2023-06-06
Section
Articles