METODE AL-TASYWIQ DAN AL-TADZKIR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (ANALISIS TERHADAP SYAIR-SYAIR MOTIVASI SAYYID IDRUS BIN SALIM AL JUFRI)
DOI:
https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i2.119Keywords:
Metode Al-Tasywiq dan Al-Tadzkir, Motivasi belajar, Syair-syair Motivasi Sayyid Idrus bin Salim AlJufri.Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode At-Tasywiq dan At-Tadzkir dengan pemberian motivasi dan peringatan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dianalisis berdasarkan syair-syair motivasi Sayyid Idrus bin Salim Aljufri. Penelitian ini menggunakan jenis riset kepustakaan (library research) atau studi pustaka yaitu penelitian dengan pengumpulan dan pengolahan data pustaka dari berbagai literatur. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder dari buku-buku, jurnal dan tulisan-tulisan utama dan pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data bersumber dari data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis konten (content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Al-Tasywiq dan Al-Tadzkir dengan pemberian motivasi dan peringatan melalui syair-syair motivasi yang mengandung nilai-nilai universal Sayyid Idrus bin Salim Aljufri berperan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode Al-Tasywiq dan Al-Tadzkir berdasarkan perspektif psikologis diterapkan melalui pembelajaran behavioral, humanistik, kognitif dan sosial.
Kata kunci: Metode Al-Tasywiq dan Al-Tadzkir, Motivasi belajar, Syair-syair Motivasi Sayyid Idrus bin Salim AlJufri.