METODE AL-TASYWIQ DAN AL-TADZKIR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (ANALISIS TERHADAP SYAIR-SYAIR MOTIVASI SAYYID IDRUS BIN SALIM AL JUFRI)

Authors

  • Dwi Pratiwi Lestari Prodi Pendidikan Agama Islam FAI UNISA

DOI:

https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i2.119

Keywords:

Metode Al-Tasywiq dan Al-Tadzkir, Motivasi belajar, Syair-syair Motivasi Sayyid Idrus bin Salim AlJufri.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode At-Tasywiq dan At-Tadzkir  dengan pemberian motivasi dan peringatan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang dianalisis berdasarkan syair-syair motivasi Sayyid Idrus bin Salim Aljufri. Penelitian ini menggunakan jenis riset kepustakaan (library research)  atau studi pustaka  yaitu penelitian dengan pengumpulan dan pengolahan data pustaka dari berbagai literatur. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder dari buku-buku, jurnal dan tulisan-tulisan utama dan pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data bersumber dari data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan analisis konten (content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode Al-Tasywiq dan Al-Tadzkir dengan pemberian motivasi dan peringatan melalui syair-syair motivasi yang mengandung nilai-nilai universal Sayyid Idrus bin Salim Aljufri berperan meningkatkan motivasi belajar peserta didik.   Metode Al-Tasywiq dan Al-Tadzkir berdasarkan perspektif psikologis diterapkan melalui pembelajaran behavioral, humanistik, kognitif dan sosial.

 Kata kunci: Metode Al-Tasywiq dan Al-Tadzkir, Motivasi belajar, Syair-syair Motivasi Sayyid Idrus bin Salim AlJufri.

Downloads

Published

2022-11-09

Issue

Section

Articles