PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI PENERAPAN METODE SQ3R MAHASISWA SEMESTER II FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS ALKHAIRAAT PALU

Authors

  • Suparni suparni Universitas Alkhairaat Palu

DOI:

https://doi.org/10.31970/gurutua.v5i2.118

Keywords:

Membaca Cepat, SQ3R

Abstract

Membaca merupakan salah satu medium untuk mengakses ilmu pengetahuan khususnya ekposur kebahasaan namun dewasa ini, para peserta didik belum dibekali kemampuan membaca untuk menfasilitasi dan melatih kemampuan berpikir kritis. Atas dasar itu, penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan solusi atas permasalahan dalam observasi awal. Penelitian ini adalah bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dengan meningkatkan kemampuan membaca cepat pada mahasiswa semester II fakultas sastra universitas alkhairaat Palu. Jenis  penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK). Desain penelitian ini mengacu pada model spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri empat tahap yaitu 1) perencanaaan, 2) pelaksanaa, 3).cobservasi, dan 4) refleksi. Dari hasil peningkatan membaca cepat dengan Penerapkan metode SQ3R siklus 1 diketahui jumlah rata-rata ketuntasan membaca cepat dan memahami isi bacaan hanya mencapai 20%, sementara itu, pada siklus 2 ketuntasan membaca cepat dan memahami isi bacaan mencapai 95% dengan kategori sangat memuaskan. Maka dengan ini, hasil yang diperoleh mahasiswa telah memenuhi kriteria ketuntasan maksimal. Berdasarkan temuan di atas, peneliti menyakini bahwa  meningkatkan kemampuan membaca cepat dengan penerapan metode SQ3R sangat efektif.

Downloads

Published

2022-11-09

Issue

Section

Articles